Beranda News Lokal 24 Anggota Saka Wira Kartika Raden Mas Sahid Resmi Dilantik

24 Anggota Saka Wira Kartika Raden Mas Sahid Resmi Dilantik

0
BERBAGI

Wonogiri,(harianwonogiri.com)-Sedikitnya 124 orang siswa-siswi Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) perwakilan dari binaan Koramil 05/Baturetno, Koramil 14/Jatisrono, dan Koramil 19/Purwantoro dilantik menjadi anggota baru Saka Wira Kartika “Raden Mas Said” Kodim 0728/Wng bertempat di Alas Ketu komplek Kabupaten Wonogiri,Jumat (29/12).

Satuan Karya (Saka) Pramuka Wira Kartika merupakan salah satu satuan bersifat Nasional yang dibentuk melalui kerjasama antara Kwarnas dengan TNI AD yang bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara.

Kodim 0728/Wonogiri sebagai kesatuan kewilayaan di Kabupaten Wonogiri merupakan pembina dari Saka Wira Kartika Kwartit Cabang (Kwarcab) Wonogiri dan Komandan Kodim sebagai Majelis Pembimbing (Mabisaka).

Dandim 0728/Wng Letkol Inf Basuki Sepriadi, melalui Pasiper Kpt Inf Bambang Tyas menyampaikan adik-adik Pramuka generasi Tunas Bangsa, marilah kita bersama-sama kobarkan api semangat Pramuka, tirulah semangat yang dimiliki Boden Powell, beliau yang kita kenal sebagai Bapak Pandu Dunia.

“Ada dua ajaran yang bisa ditiru yaitu, cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Caranya cukup sederhana semisal membantu menanam pohon dan merawatnya dengan rajin menyirami, membuang sampah pada tempatnya, dan sebagainya,” ujarnya.

Dia menambahkan menjadi Pramuka bukan hal yang membebani ataupun membosankan, menjadi Pramuka sejati selalu riang dan penuh semangat dalam melaksanakan tugas-tugasnya, melalui kegiatan pramuka kalian dapat menumbuhkembangkan jiwa kewiraan dan kemandirian Berani membela kebenaran dan menjadi pribadi yang mandiri.

“Mandiri yang dimaksud adalah tidak lepas dari keegoisan melainkan suka bermusyawarah dan bekerjasama, buktikan bahwa kalian adalah generasi muda Pramuka mampu menunjukkan sikap yang mencerminkan tingkah laku secara akhlak dan komitmen agar tercipta sekelompok generasi yang berkualitas,” katanya.

Kegiatan pelantikan dilaksanakan setelah para anggota menjalani kegiatan selama 3 hari dengan materi 5 Krida, yakni Krida Survival, Krida Navigasi Darat, Krida Mountenering, Krida Pioneer dan Krida Penanggulangan bencana serta Materi PBB.

Di hari ke 3 Anggota Saka Wira Kartika di lantik secara simbolis disematkan Badge Saka Wira Kartika oleh Kpt Inf Bambang Tyas (Pasiter).

Anggota Saka yang baru dilantik ini akan menggantikan generasi sebelumnya yang sebentar lagi akan meneruskan sekolah ke jenjang lebih tinggi.

“Saya sangat bangga dan terharu karena telah menempuh dengan susah payah sebagai anggota resmi Saka Wira Kartika Kodim 0728/Wonogiri”, tutur Dimas Kana Maulana salah satu peserta pelantikan. (red)

 

LEAVE A REPLY

twenty − 13 =