Beranda News Lokal Babinsa Sampaikan Pentingnya Wasbang dan PPBN

Babinsa Sampaikan Pentingnya Wasbang dan PPBN

0
BERBAGI

Bulukerto,(harianwonogiri.com)-Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) adalah pendidikan dasar bela negara guna menumbuhkan kecintaan kepada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia, keyakinan akan Kesaktian Pancasila, kerelaan berkorban bagi Negara, serta memberikan kemampuan awal bela negara, juga pentingnya Wawasan Kebangsaan bagi generasi muda.

Untuk itu sebagai seorang Danramil  21/Bulukerto Kapten Inf Tono, tentunya mempunyai jadwal dan kegiatan yang begitu padat serta dengan keterbatasan personil anggota juga (Babinsa), namun tidak menyulutkan semangatnya untuk terus bekerja dan turun langsung bersama Babinsa jajarannya dalam melaksanakan tugas dikewilayahan. pada Senin  pagi (5/2/18).

Pada upacara bendera Serma Paimin Babinsa Koramil 21/Bulukerto Kodim 0728/Wonogiri, menjabat menjadi pembina Upacara Bendera di SMPN-2 Bulukerto yang dihadiri Kepala sekolah Retno Hartini dan para guru dan para murid dengan jumlah hadir kurang lebig 360 siswa.

Dalam perhatiannya Serma Paimin  menyampaikan tentang Pendidikan berperan strategis dalam rangka mengembangkan peserta didik menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). kepada SMPN-2 Bulukerto ini agar para siswa-siswi memahami dan mengerti tentang Bela Negara. Sehingga timbul semangat untuk mencintai tanah air, Bangsa dan Negara Indonesia.

Tujuan diberikan pembekalan tersebut agar siswa sekolah tersebut mengerti dan memahami sekaligus bisa mengamalkan dan mengimpletasikan dalam kehidupan sehari hari, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara kesatuan Republik Indonesia. jelas Serma Paimin

“Sesuai dengan peranan dasarnya yang selalu berorientasi untuk masa yang akan datang, maka upaya pendidikan Nasional dituntut untuk melahirkan generasi penerus Bangsa yang memiliki kualitas pemahaman, rasa dan semangat kebangsaan yang lebih baik dibandingkan dengan generasi sekarang. Untuk itu sangat penting diberikannya pemahaman tentang Berwawasan Kebangsaan bagi Siswa-siswi SMP karena perannya sangat vital mengingat dalam periode 10 hingga 20 tahun ke depan mereka akan menjadi Generasi penerus yang diharapkan memiliki kualitas yang lebih baik dan sebagai cikal bakal penerus nilai-nilai tersebut kepada generasi berikutnya,” ujarnya.

Dia menambahkan tujuan diberikannya materi Wawasan Kebangsaan kepada para siswa-siswi SMPN 2 Bulukerto  tersebut yakni untuk Meningkatkan Rasa Nasionalisme sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang nantinya sebagai ujung tombak dan penerus bangsa.

Kepala sekolah SMPN 2 Retno Hartini didampingi para guru, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada anggota TNI koramil Bulukerto dan terima kasih, telah memberikan benyak pengetahuan bagi Siswa kami melalui PPBN dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang), dengan harapan kedepan anak-anak didik kami menjadi anak didik yang berguna bagi bangsa dan negara. (red)

 

LEAVE A REPLY

15 + six =