Beranda News Lokal Latih Kemandirian, Pramuka Baturetno Gelar Pesta Siaga

Latih Kemandirian, Pramuka Baturetno Gelar Pesta Siaga

0
BERBAGI

Baturetno,(harianwonogiri.com)- Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Baturetno, menggelar kegiatan Pesta Siaga, yang dilaksanakan Bertempat di SDN 2 Gambiranom, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (10/2/18).

Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 450 Siswa, yang dikelompokkan ke dalam  45 Barung pa/pi yang terbagi 16 Pa dan 29 Pi, satu barung ada 10 orang berasal dari pangkalan SDN/S/MIN/MIM se-Kecamatan Baturetno.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Winaryoko mengatakan, kegiatan Pesta Siaga ini demngan tema “KEREN, GEMBIRA DAN BERPRESTASI” Dengan Motto  “Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan” yang bertujuan untuk “Membina dan memgembangkan kekeluargaan dan persaudaraan antar sesama pramuka. Mengembangkan sikap terbuka dan berbagi dengan sesama pramuka. Memupuk rasa persatuan dan kesatuan, wawasan kebangsaan, serta kesadaran berbangsa dan bernegara. Membentuk pribadi yang tangguh, Mamdiri, Disiplin dan Sikap Meneruskan Nilai-Nilai Kejuangan dari pada gemerasi sebelumnya”, khususnya tingkat Pramuka Siaga yang ada di wilayah Kecamatan Baturetno.

Dia mengatakan Pesta Siaga adalah salah satu wahana untuk menempa diri generasi muda bangsa Indonesia sejak usia dini sehingga diharapkan ke depan akan lahir patriot-patriot bangsa yang handal dan berkarakter baik.

“Dalam Pesta Siaga ini, terdapat banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil, seperti dapat membangkitkan semangat untuk berpacu meraih prestasi. Sekaligus sebagai evaluasi dalam pelaksanaan latihan rutin yang dilaksanakan oleh masing-masing pangkalan Gugus Depan,” katanya.

“Seluruh peserta yang mengikuti kegiatan Pesta Siaga, diharapkan untuk bisa mengikuti semua kegiatan dengan sebaik mungkin, patuhi semua aturan, perintah, dan saran yang disampaikan oleh kakak-kakak Panitia dan Pembimbing dari masing-masing utusan pangkalan Sekolah. Bertanding secara sportif serta junjung sportivitas. Jadikan momen ini sebagai ajang silaturahmi antar anggota pramuka,” tandasnya.

Kak Serma Eko Prasetyo Pembina Pramuka Saka Wira Kartika Koramil Baturetno selaku pendamping kegiatan, menyampaikan kepada Letda Int Nurhadi (Pasandi) yang merangkap (Papen) Kodim 0728/Wonogiri bahwa. Dalam pesta Saiaga lomba yang dipertandingkan ada 10 taman diantaranya ; Kim Penglihatan, Ketangkasan Bola Basket, Ketrampilan Origami, Pengetahuan Kepramukaan Siaga, Bermain Peran, Menceritakan Cerita Bergambar, Kebersihan Lingkungan dan Pos Cinta Sesama.

“Kejuaraan lomba tersebut kelompok Putra  juara-I SDN-1 Talunombo, Juara-II SDN-2 Baturetno dan Juara-III SDIT As-Salam. Sedangkan untuk Kelompok Putri SDN-1 Talunombo, Juara-II SDN-2 Baturetno dan Juara-III SDN-4 Balepanjang, masing-masing mendapatkan Piala dan Tanda Penghargaan. Kemudian untuk juara 1 Putra  dan Juara 1 Putri berhak mewakili lomba pesta siaga Tingkat Kwarcab Kabupaten Wonogiri,” jelas Kak Serma Eko Prasetyo. (red)

 

LEAVE A REPLY

2 + 19 =