Beranda News Lokal Pelatihan Sispamkota Ops Mantap Praja Tahun 2018

Pelatihan Sispamkota Ops Mantap Praja Tahun 2018

0
BERBAGI

Wonogiri,(harianwonogiri.com)-Pada hari Jum’at sd sabtu tanggal 9 sd 10 Januari 2018 pukul 07.45 s/d 10.00 WIB, bertempat di GOR Giri Mandala Wonogiri, telah di laksanakan Pelatihan Sispamkota Ops Mantap Praja Tahun  2018 Polres Wonogiri dalam rangka Pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018.

Giat Pelatihan Sispamkota Ops Mantap Praja Th. 2018 dipimpin oleh Kapolres Wonogiri AKBP Robertho dan dihadiri oleh Waka Polres Wonogiri KOMPOL A. Aidil Fitri Syah, Anjak, Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran, Kasi, Kanit Intel jajaran, Kanit Sabhara jajaran dan seluruh Anggota Polres Wonogiri.

Adapum Kegiatan Pelatihan Sispamkota Ops Mantap Praja Th. 2018 diikuti oleh 1 (satu) Pleton Dalmas awal,1 (satu) Pleton Dalmas lanjut,1 (satu) Pleton Negosiator Polwan,1 (satu) Tim Unit Satwa,1 (satu) Tim Anti Anarkis,1 (satu) Tim Inafis,1 (satu) Tim Kesehatan dan 1 (satu) Pleton Bullshit.

Menurut Kasubag Humas Polres Wonogiri AKP Hariyanto mewakili Kapolres AKBP Robertho Pardede, Selasa (13/2) mengatakan adapun skenario pengamanan penanggulangan anarkhis, Sispamkota dan pengawalan Kotak suara sebagai berikut Petugas Polsek Wonogiri Kota melaksanakan patroli di KPUD Kab. Wonogiri dan terlihat sekelompok massa yang tidak terima dengan keputusan KPUD ,massapun tidak menerima keputusan atas pemungutan suara dan berlanjut mengadakan aksi demo di KPUD.

“Pasukan Dalmas Awal beserta tim negosiator kemudian menuju kedepan gedung KPUD,tim negosiator melakukan Negosiasi namun di tolak oleh massa, kemudian pasukan Dalmas awal melakukan Pertahanan menggunakan tali Dalmas,” ujarnya.

Hariyanto menuturkan massa tetap mendesak masuk, kemudian Tim urai Datang beserta tim K-9 untuk mengurai massa dengan menggunakan gas air mata.Massa mulai Anarkis.

Kemudian pasukan Dalmas lanjut melakukan dorong dan desak Maju untuk melawan Massa.Massa Membakar Ban, kemudian Tim Pemadam beserta pasukan Dalmas lanjut melakukan pemadaman.

“Tim Dalmas lanjut melakukan formasi berlindung dikarenakan mendapat perlawanan dari massa, kemudian pasukan Dalmas lanjut melakukan desak dan dorong maju dan akhirnya pun massa dapat diurai.Setelah itu Tim Gakum menangkap beberapa massa yang dianggap sebagai provokator,” katanya.

Lebih lanjut ditambahkannya ,Petugas Polsek Wonogiri Kota melaksanakan pengawalan kotak suara menuju KPUD, dalam perjalanan Kotak suara direbut oleh sekelompok massa. Kemudian petugas Polsek melaporkan kejadian tersebut ke satuan tingkat atas.

“Petugas Sat Lantas kemudian melakukan pengejaran di bantu oleh tim dari Sat Sabhara dan dari Sat Reskrim berhasil melumpuhkan dan menembak mati salah satu sekelompok massa yang merebut kotak suara tersebut. Tim Inafis dan tim Kesehatan melaksanakan olah TKP dan mengevakuasi korban meninggal dunia,” lanjutnya.

Dijelaskannya,adapun maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut yaitu sebagai bentuk kesiapsiagaan Polres Wonogiri dalam rangka pengamanan rangkaian tahapan Pilgub 2018 di wilayah hukum Polres Wonogiri.

“Setelah kegiatan tersebut selesai dilaksanakan analisis dan evaluasi oleh Kabag Ops Kompol Jaka Wibawa. Atas nama pimpinan mengucapkan terimakasih banyak pada anggota yg telah menunjukkan semangat dalam pelaksaan pelatihan simulasi ini. Selama kegiatan berjalan aman, tertib dan lancar,” tutupnya. (red)

 

 

LEAVE A REPLY

18 − two =