Beranda News Lokal Polisi Bantu Pekerja DPU Tebang Pohon di Pinggir Jalan Raya.

Polisi Bantu Pekerja DPU Tebang Pohon di Pinggir Jalan Raya.

0
BERBAGI

Ngadirojo,(harianwonogiri.com) -Untuk menjamin keamanan dan keselamatan khususnya pemakai jalan, dua personil Polsek Ngadirojo, Polres Wonogiri Aiptu Sutarman, SH dan Brigadir Suranto, SH memberikan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas saat penebangan turus / pohon di pinggir jalan, Kamis (15/02/2018).

Menurut Kasubag Humas Polres Wonogiri AKP Hariyanto mewakili Kapolres AKBP Robertho Pardede mengatakan penebangan turus jalan yang dilakukan dinas Pekerjaan umum dengan melibatkan tenaga pemotong ini, guna memberikan jaminan keamanan para pemakai jalan khususnya pada saat hujan/angin, mengingat cuaca saat ini yang tidak menentu dan bisa terjadi setiap saat.

“Pemotongan dahan, pohon, turus jalan untuk mencegah bila sewaktu-waktu terjadi hujan angin yang dapat mengakibatkan pohon tumbang maupun patah yang dapat membahayakan pemakai jalan yang melintas, guna mencegah hal tersebut sehingga perlu dipotong/ dikurangi dahannya yang dianggap berbahaya maupun pemotongan pohon yang sudah terlalu tua serta rentan roboh,” ujarnya.

Dia menjelaskan kali ini pemotongan di jalan raya Penghubung Wonogiri kota – Ngadirojo – Sidoharjo tepatnya di wilayah Desa Ngadirojo kidul, Kecamatan Ngadirojo, mengingat arus lalu lintas di jalan tersebut cukup ramai sehingga perlu pengamanan dan pengaturan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan saat dahan/ pohon tersebut roboh waktu pemotongan.

“Aiptu Sutarman, SH maupun Brigadir Suranto, SH saat melakukan pengamanan juga menghimbau kepada pekerja untuk lebih hati-hati dan waspada saat manjat pohon mengingat musim hujan dan pohon diperkirakan licin, serta memperhatikan dahan/ tangkai pohon terhadap jaringan listrik yang ada agar tidak menimbulkan korban dirinya sendiri,” jelasnya.

Sementara Sugiyanto (46) salah satu pekerja pemotong mengucapakan terima kasih atas nasihat dan bantuan pengamanan dan pengaturan pemakai jalan oleh Polisi Polsek Ngadirojo sehingga pekerjaan pemotongan dapat berjalan lancar dan aman.

Kapolsek Ngadirojo AKP Budiyono  saat dikantornya menjelaskan, situasi cuaca saat ini yang tidak menentu dan sewaktu-waktu turun hujan yang disertai angin sehingga pohon/turus jalan yang membahayakan dapat dikurangi.

“Turus jalan sebenarnya juga sangat membantu bagi pemakai jalan bila musim kemarau tidak panas serta dapat mengurangi polusi udara sehingga pemotongan selektif pohon yang membahayakan, pemotongan dilakukan oleh dinas PU Kabupaten Wonogiri setelah dilakukan pemeriksaan pohon secara selektif,” pungkasnya. (red)

 

LEAVE A REPLY

fifteen + two =