Beranda News Lokal Danramil Wonogiri Berikan Mata Kuliah Bela Negara

Danramil Wonogiri Berikan Mata Kuliah Bela Negara

0
BERBAGI

Wonogiri,(harianwonogiri.com)- Kegiatan mengisi mata kuliah tentang kewarganegaraan kali ini disampaikan oleh Danramil 01/Wonogiri Kapten Inf Ismail, sekitar pukul 13.30 s/d 16.30 WIB, dengan materi bela negara kepada mahasiswa-mahasiswi  Akademi Keperawatan (Akper), Kamis (8/3/18).

Kegiatan pemberian materi tentang Pendidikan Kewarganegaraan,  kali ini diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi D-III Keperawatan Semester II lebih kurang sebanyak 71 mahasiswa-mahasiswi, bertempat di lantai-2  kampus Akper “Giri Satria Husada” yang beralamatkan Jl. Tentara Pelajar no 1 Lingkungan Joho Lor Rt 04/ Rw 4 Kelurahan Giriwono, Kab. Wonogiri.

Dalam kesempatan tersebut, Danramil 01/Wonogiri mengupas tentang Bela negara adalah sikap, tekad dan juga perilaku warga negara yang dilakukan secara menyeluruh, teratur serta terpadu dan juga dijiwai oleh kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 untuk menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

“Dasar hukum mengenai bela negara terdapat dalam isi UUD 1945, yakni Pasal 27 ayat (3) yang menyatakan bahwa semua warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Pasal 30 ayat (1) yang menyatakan bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara,” ujarnya.

Dia menambahkan tujuan bela negara Menjalankan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Menjaga identitas dan integritas bangsa dan negara. Melestarikan budaya. Mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan juga negara. Berbuat yang terbaik bagi bangsa dan juga negara.Fungsi Bela Negara Merupakan kewajiban setiap warga negara. Mempertahankan Negaradari berbagai ancaman. Merupakan panggilan sejarah. Menjaga keutuhan wilayah negara.

“Bela negara memiliki beragam manfaat, baik bagi individu masing-masing warga negara ataupun bagi negara itu sendiri. Berikut ialah beberapa contoh manfaat bela negara Menanamkan rasa kecintaan pada Bangsa dan Patriotisme sesuai dengan kemampuan masing-masing. Membentuk Iman dan Taqwa pada masing-masing Agama. Melatih jiwa kepemimpinan dalam memimpin diri sendiri ataupun kelompok,” ujarnya. (red)

 

LEAVE A REPLY

four × five =