Beranda News Lokal Panen Raya dan Sarasehan Bersama Bupati Wonogiri

Panen Raya dan Sarasehan Bersama Bupati Wonogiri

0
BERBAGI

Sidoharjo,(harianwonogiri.com)-Pada hari Sabtu (10/3/18) pukul 09.00 WIB di Lingkungan  Keron Lor, Kelurahan Sidoharjo Kecamatan Sidoharjo, dilaksanakan  kegiatan Panen Raya dan Sarsehan Sesarengan Mbangun Wonogiri bersama Bupati Wonogiri.

Turut hadir diantaranya, Bupati Wonogiri (Joko Sutopo), Dandim 0728/Wonogiri yang sedang dibas diwakili Danramil 17/ Sidoharjo Kapten Inf Hengki Nurcahyadi, Kapolres yang diwakili Kapolsek,Wakil Ketua DPRD  Suhardono beserta anggota DPRD Ny Yekti Dewi Retno Basuki, Kadistan Wonogiri Ir Safuan, Ka Disperindag Ir Guruh, Ka Dis Pasar UKM, Koord PPL  Suratman, para Kepala Sekolah se-Kecamatan Sidoharjo, para Kepala Desa/Lurah se-Kecamatan Sidoharjo, para Ketua Gapoktan & Ketua poktan se Kecamatan Sidoharjo dan para petani se-Kelurahan Sidoharjo.

Penegasan ini disampaikan Bupati Wonogiri Joko Sutopo dan Kepala Dinas Pertanian Pangan (Dipertan) Kabupaten Wonogiri (Safuan), ketika melakukan sarasehan bersama para petani di Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri. Acara ini, digelar seusai kegiatan panen raya perdana padi yang dibudidayakan pada Musim Tanam (MT) pertama tahun 2018.

Kepala Dipertan Kabupaten Wonogiri, Safuan, menyatakan, Kecamatan Sidoharjo mempunyai potensi lahan pertanian seluas 1.157 Hektare (Ha), dan khusus untuk Kelurahan Sidoharjo mencapai 135 Ha. Dari areal tersebut, pada masa panen MT pertama ini, dipanen tanaman padi seluas 112 Ha, yang merupakan program baru Usaha Khusus (Upsus) padi, jagung dan kedele (Pajale).

“Varietas padi yang dibudidayakan adalah Inpari-45, dengan angka produktivitas mencapai 8,89 ton per Ha. Angka prouktivitas ini terhitung baik dan pada MT I ini terbebas dari gangguan hama. Panen di MT pertama Tahun 2018 ini, diawali dengan pemanenan oleh Bupati Wonogiri Joko Sutopo bersama Wakil Ketua DPRD Wonogiri Suhardono,” ujarnya.

Ikut mendampingi kegiatan panen raya padi ini, Kapolsek Sidoharjo AKP Sumitro bersama Danramil Kap Inf Henki Nurcahyadi dan jajaran Forkompincam serta pejabat terkait lainnya. Usai kegiatan panen perdana, Bupati Joko Sutopo didampingi Wakil Ketua DPRD Suhardono dan Kepala Dipertan Safuan, menghadiri acara sarasehan bersama para petani di balai kelurahan Kelurahan Sidoharjo.

Dilaporkan oleh Kepala Dipertan Wonogiri, Safuan, untuk mendukung sukses pengembangan bidang pertanian di Kecamatan Sidoharjo, Pemkab Wonogiri peduli memberikan bantuan sebesar Rp 975,8 juta. Termasuk bantuan untuk budidaya tanaman kedele seluas 275 Ha, bantuan pembuatn pupuk organik Rp 480 juta, bantuan dana untuk pengembangan tanaman pisang Rp 12 juta, bantuan untuk Kelompok Tani (Tani Bakti) di Desa Widoro Rp 33 juta, dan jasa usaha tani untuk Kelompok Tani Sumber Rejeki Rp 184 juta.

Ikut hadir Anggota DPRD Wonogiri Ny Yekti Dewi Retno Basuki, pada Kades dan Lurah serta para Kepala Sekolah (Kasek) se Kecamatan Sidoharjo, Ketua dan Pengurus Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Kelompok Wanita Tani (KWT). (red)

 

LEAVE A REPLY

seventeen + ten =