Beranda News Lokal Pembinaan Netralitas TNI Dalam Pilkada 2018

Pembinaan Netralitas TNI Dalam Pilkada 2018

0
BERBAGI

Kota,(harwon.com)- Komandan Kodim 0728/Winigiri Letkol Inf Basuki Sepriadi, yang diwakili Kakanminvetcad IV/34 Mayor Inf  Haryanto R. S.Ag berkenan membuka kegiatan Pembinaan netralitas TNI dalam Pemilu/Pilkada TA 2018 di Aula Makodim Jl. Jederal Sudirman No. 226 Giritirto Wonigiri, Senin (19/3/18).

Acara tersebut diikuti oleh Prajurit, PNS Kodim 0728/Wonogiri, Perwakilan Prajurit/PNS Kanminvetcad IV/34 Wonogiri dan Perwakilan KBT (FKPPI).

Pada kesempatan itu Kakanminvetcad IV/34 Wonogiri Mayor Inf Haryanto R, menjelaskan, tugas dan fungsi TNI melaksanakan back up kepada Polri untuk mengamankan penyelenggaraan pemilukada. juga menekankan, netralitas TNI dalam pemilukada harus dipahami, dihayati, dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari seluruh prajurit TNI, sehingga dapat mendukung keberhasilan dalam menyukseskan Pemilukada di wilayah Kodim 0728/Wonogiri ini.

“Prinsipnya, TNI harus bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis,baik secara langsung maupun tidak langsung” tegasnya.

Selanjutnya Danramil 17/Sidoharjo Kapten Inf Hengki Nurcahyadi memberikan materi Pedoman Netralitas TNI. Dalam kesempatan tersebut Kapten Inf Hengki Nurcahyadi menyampaikan,  Mengingat begitu pentingnya sikap netralitas dalam membangun demokrasi dan profesionalisme, maka masalah netralitas harus benar-benar dipahami, dihayati dan diimplementasikan dalam kehidupan Prajurit, PNS TNI dan Keluarga Besar TNI (KBT).

Selanjutnya Kapten Inf Hengki Nurcahyadi menambahkan, yang utama adalah prajurit harus melaksanakan temu cepat dan lapor cepat secara hierarkis apabila ada kejadian yang berindikasi pada hambatan, gangguan dan penggagalan Pemilukada agar segera dapat diatasi. (red)

 

LEAVE A REPLY

five × one =