Beranda News Lokal Peresmian Embung Doho dan Embung Banyu Kuwung

Peresmian Embung Doho dan Embung Banyu Kuwung

0
BERBAGI

Girimarto,(HW)- Bertempat di Dusun Doho Desa Doho Kecamatan Girimarto Kab. Wonogiri telah berlangsung  Peresmian Embung Doho dan Embung Banyu Kuwung,Kamis (19/4).

Hadir dalam acara tersebut, Plt Gubenur Jateng  diwakili Kadin PSDA Taru Propinsi  Jawa Tengah P. Budiwiyono, Kementrian PUPR Ir Firdaus Ali Msc, Bupati Wonogiri  di wakili Asisten Perekonomian  Bambang hariyadi Sh Mm., Camat Girimarto  Suparmo Sip, Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf M. Heri Amrulloh S.Sos, MH yang diwakilkan Danramil Girimarto Kapten Inf Suparna, Kapolsek Girimarto AKP La Amani, Yayasan Obor Tani (YOT) Bp Gatot Aji Sutopo, CCFI (Water Replenishment dan embung sebagai solusi pertanian lahan kering) Bp Triyono, Kepala KUA Girimato H Aji S.Ag., Kepala SDN 1, 2, 3 Girimarto, Kepala Desa Doho Bp Agus Suhartono SH dan warga desa Doho.

Sambutan Yayasan Obor Tani (YOT)  Gatot Aji  Sutopo, Embung ini yang ke-68 tidak hanya di Jateng diantara di Kalimantan, DIY dan kabupaten yang lain. Bertujuan meningkatkan pertanian dengan menghasilkan beberapa komoditas pertanian padi dan buah di beberapa daerah yang telah di bangun embung. Embung berfungsi menampung air hujan dan di gunakan para petani dapat menggunakan air embung untuk sawah 10 hektar dan perkebunan leboh dari 30 hektar.

“Negara kita terbesar untuk pertanian dan hal ini kita harus membina tenaga produktif dengan mengisi pendidikan dan kesehatan dalam rangka memajukan pertanian di negara kita. Dan saya berharap embung ini dapat di manfaatkan oleh para petani dengan baik sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian dan perkebunan yang ada,” jelasnya.

Kemudian sambutan wakil ketua Coca Cola Trioyono Priyosusilo, Coca cola bangga dapat membantu masyarakat dalam membantu persediaan air untuk pertanian dalam hal ini pembangunan embung Doho dengan luas volume 15.000 m3 (15 juta liter ) untuk menampung air hujan. Ini program awal kami selain program sumur resapan dalam menjaga resapan air dalam tanah,dan hal ini sebagai pembelajaran. Kami mempunyai tujuan bahwa visi bahwa air dari alam akan di kembalikan ke alam,dan kepada yayasan obor tani (YOT) yang telah bekerja sama dalam pembangunan embung Doho dan embung Banyu Kuwung Karanganyar.

Selanjutnya Bupati Wonogiri dalam sambutannya yang di sampaikan Asisten perekonomian Bambang Hariyadi mengatakan ide dasar sering terhenti dan fenomena yang harus di realisasikan dengan panca program membentuk wng sukses dengan dukungan berbagai pihak dengan terbentuknya embung Doho. Akan semakin memberikan banyak manfaat jika dapat di sertai sarana pendukung fasilitas dalam pemanfaatanya. Dengan terwujudnya pembangunan Embung Doho semoga bermanfaat bagi para petani Desa Doho dan warga petani Kecamatan Girimarto,dan Juga dapat di manfaatkan sebagai agro wisata.

Staf ahli kementrian PUPR Bp Dr Ir Fordaus Ali Msc dalam sambutannya menyampaikan, Kita bersyukur bahwa pembangunan embung Doho ini sehingga dapat di manfaatkan oleh para petani warga Desa Doho girmarto. Coca cola fondation telah mengeluarkan dana satu milyard untuk program pembangunan embung untuk mewujudkan ketahanan pangan. Diperkirakan kita akan mengalami krisis air pada tahun 2025 nanti dan hal ini jangan sampai terjadi untuk itu kami mempunyai program pembuatan embung dalam rangka antisipasi hal tersebut.

“Kita termasuk negara yang terlambat dalam membuat embung di banding negara jepang,amerika dan cina dan saat ini pemerintah akan menyelesaikan pembangunan embung di daerah daerah dan kita tidak berhenti di sini dan akan terus membangun embung-embung yang lain, selain untuk pertanian juga dapat untuk wisata air bagi warga setempat,” pungkas Dr Ir Fordaus Ali Msc. (red)

 

 

 

LEAVE A REPLY

three × 5 =