Beranda News Lokal Rapat Saber Pungli Dihadiri Forkompinda

Rapat Saber Pungli Dihadiri Forkompinda

0
BERBAGI

Kota,(HW)-Bertempat di Ruang Khayangan Setda Kabupaten Wonogiri telah Dilaksanakan Rapat Koordinasi Tim Saber Pungli Kabupaten Wonogiri Yang Dihadiri lebih kurang 40 Orang, Kamis (2/5).

Hadir dalam kegiatan tersebut  antara lain Sekda Kab Wonogiri Drs Suharno M.Pd., Dandim 0728/Wonogiri Lekol Inf M Heri Amrulloh S.Sos. MH yang diwakili Kapten Arm Agus Setyono (Pasiops), Kapolres Wonogiri AKBP Roberto Pardede, SIK.MIK di wakili AKP M.Kariri (Kasat Reskrim), Kasat Intel Kejaksaan Negeri Wonogiri Amir Akbar Nur Qomar S.H, Kepala Inspektorat Hernowo Marmodo,Kasatpol Waluyo dan Kepala Kesbangpol Sulardi.

Sambutan Sekda Drs Suharno mengatakan anggaran kegiatan Saber Pungli Kabupaten Wonogiri untuk tahun ini 300 juta. Sosialisasi telah di laksanakan 12 kali pertemuan. Sosialisasi yang ditekankan khusunya bagi para pelajar yang ada di Kabupaten Wonogiri karena sudah banyak terjadi budaya pungli untuk pelajar.

“Maka dari itu kita terus melakukan sosialisasi penanaman budaya anti pungli bagi para pelajar tersebut. Kita juga sudah mengadakan sosialisasi kepada kepala desa dan bendahara se kabupaten wonogiri dengan jumlah peserta 500 orang,” ujarnya.

Dia menambahkan upaya saber pungli ini merupakan upaya untuk pencegahan. Guna menunjang hal tersebut perlu posko ataupun sekertariat untuk mewadahi aduan dari masyarakat. Untuk sekertariat sudah ada namun untuk petugas yang menerima aduan harus bisa memfasilistasi atau menerima laporan tersebut.

“Untuk saber pungli ini sekertariatnya ada di Polres. Dengan adanya posko atau sekertariat ini dapat mewadahi laporan atau aduan artinya mulai dari tukang parkir sampai desa kita upayakan memantau terus melalui saber pungli. Mungkin masih ada yang sungkan untuk laporan di sekertariat. Dan perlu kita ketahui bersama di lingkungan Kabupaten Wonogiri ini terutama para kepala sekolah di Kabupaten Wonogiri ini sudah resah dengan adanya pungli,” tegasnya.

Sambutan Kasat Intel Kejaksaan Negeri Wonogiri Amir Akbar Nur Qomar mengatakan untuk saber pungli ini tadinya mengedepankan penindakan sekarang mengedepankan pencegahan.

“Kejaksaaan Wonogiri berperan aktif untuk ikut atau berpartisipasi dalam saber pungli. Keberhasilan penegakan hukum itu di ukur dengan tingkat kesadaran masyarakat untuk peduli bukan tindakan penangkapan,” tuturnya.

Ditambahkannya,hadirnya saber pungli ini untuk memberikan pemahaman kususnya anak-anak pelajar dan bagi para pns ataupaun guru dan para upt karena disana banyak dana yang mengalir. Bahwa pugli itu sudah mengakar ataupun membudaya di lingkungan masyarakat.

Sambutan AKP M.Kariri Kasat Reskrim Polres Wonogiri tim saber pungli di kabupaten ini yang kita lakukan merupakan pecegahan. Untuk penindakan di kabupaten wonogiri ini masih minim. Salah satunya adanya pungutan liar yang ada di rumah sakit.

“Memang tujuan utama kita merupakan pecegahan dan harus sering kita lakukan. Harus sering berkoordinasi sesama instansi terkait guna melakukan pencegahan tersebut. Diharapkan dengan adanya saber pungli tersebut dapat menekan angka pungli yang ada pada saat ini. Ini memang tidak mudah untuk melakukan hal tersebut, maka dari itu kita harus bersatu padu untuk memberantas hal tersebut,” tuturnya.

Sambutan Kepala Inspektorat Harnowo Narmodo mengatakan Sebetulnya sudah sering melaksanakan koordonasi maupun rapat-rapat untuk masalah tersebut.

“Yang perlu kita terus kasih penekanan yaitu adanya pemahaman kepada masyarakat yang utama bagi generasi muda untuk memahami adanya saber pungli ini,” tutupnya. (red)

LEAVE A REPLY

2 + 11 =