Beranda News Lokal Forkompinda Laksanakan Safari Taraweh Hari Pertama Bulan Ramadhan

Forkompinda Laksanakan Safari Taraweh Hari Pertama Bulan Ramadhan

0
BERBAGI

Kota, (HW)-Bertempat di rumah dinas Bupati Wonogiri telah dilaksanakan kegiatan safari shalat taraweh hari pertama bulan Ramadhan tahun 1439 H/2018 M bersama Bupati Wonogiri dan Forkopimda Kabupaten Wonogiri, Rabu (16/5).

Dalam shalat Taraweh tersebut diikuti oleh Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf M. Heri Amrulloh S. Sos., MH., Wakil Bupati Wonogiri Edi Santosa SH, Setda Kabupaten Wonogiri Drs Suharno, Ketua DPRD Setyo Sukarno, Ka Kemenag Drs. H. Subandi, MSI., Pimpinan Pondo Pesantren Al-Amanah KH Syaifudin Arifin Al-Hafidz, Kajari Dodi Budi Kelana SH., MH., Pengadilan Agama Drs. H Suwoto SH., MH., Kasad Binmas Polres AKP Suwono SH, Ketua KPU Mat Nawir, S.Ag, Santriwan-Santriwati dan masyarakat sekitar, serta tamu undangan.

Bertindak sebagai imam pada saat shalat taraweh adalah KH. SyaifudinArifin Al-Hafidz Pimpinan Pondok Pesantren Al-Amanah, setelah melaksanakan shalat Isya’ dan dilanjutkan dengan shalat taraweh dan dilanjutkan dengan ucapan selamat datang dan laporan penyelengaraan oleh Sekda Kabupaten Wonogiri dan dilanjutkan taushiyah oleh Ka Kemenag Wonogiri.

Sambutan sekda Drs Suharno, pada kesempatan ini saya ucapkan terima kasih atas kehadiran bapak ibu semua atas kehadirannya, terkait dengan kegiatan safari ramadhan bupati dan dinas instansi yang pada kesempatan pertama ini kita selenggarakan di pendopo dan Insya Allah akan diakhiri di pendopo, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dari tahun ketahun, yang bersamaan dengan hari jadi kabupaten yang ke-277.

“Kegiatan di bulan ramadhan akan kita selenggarakan antara lain buka bersama yang akan kita selenggarakan di dusun termiskin di 13 Kecamatan dan pada saat itu juga akan dilaksanakan sarasehan, tarling antar instansi, tentunya juga akan kita laksanakan dengan mengambil tempat bergantian di kantor dan dinas instansi terkait,” ujarnya.

Dalam taushiyahnya Drs. Subandi menyampaikan, malam ini malam yang penuh kegembiraan, penuh dengan kenikmatan, karena kita ketemu dengan sang kekasih yaitu bulan Ramadhan, bulan suci, bulan yang penuh kasih, bulan yang penuh dengan keistimewaan dan belum tentu tahun depan kita akan dipertemukan kembali dengan bulan ramadhan ini.

“Kita tahu bahwa dalam bulan Ramadhan ini ada 3 kategori yaitu 10 hari pertama penuh dengan Rahmat, yang Alhamdulilah dihari-hari yang lalu cuaca sangat panas namun memasuki bulan Ramadhan ini turun hujan, 10 hari yang kedua penuh dengan ampunan dan 10 hari yang ketiga terhindar darisiksa api neraka,” katanya.

“Untuk itu mari kita manfaatkan bulan Ramadhan ini dengan keikhlasan. Allah SWT memberikan perintah dalam surat Al Baqoroh ayat 183 yang artinya “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa seperti puasanya orang-orang terdahulu”, apa tujuannya kita berpuasa yaitu agar kita bertaqwa,” lanjutnya.

Dikatakannya,mengenai perbedaan jumlah rakaat dalam pelaksanaan shalat taraweh dan witir yang kita lakukan adalah menghormati dan menghargai. nya, kalau dalam bahasa agama adalah etika beragama, karena sesungguhnya kita tidak mengetahui dan bisa menjamin kalau perbuatan kita itu diterima. Maka dalam berdoa kita berharap agar dalam berpuasa dan melaksanakan shalat taraweh bisa diterima oleh Allah SWT.

“Kita dalam melaksanakan apapun itu ada sebuah perintah yaitu taat kepada Allah/perintah Allah dan Rasul, taat kepada Pemerintah. Puasa Ramadhan memiliki beberapa manfaat diantaranya manfaat secara psikis/kejiwaan, karena puasa akan menumbuhkan jiwa yang ikhlas/kejujuran. Manfaat selanjutnya yaitu membersihkan diri,” tutupnya.(red)

LEAVE A REPLY

eighteen − 16 =