Beranda News Lokal Babinsa Desa Sambiroto Ikuti Tarawih Keliling

Babinsa Desa Sambiroto Ikuti Tarawih Keliling

0
BERBAGI

Pracimantoro,(HW)- Untuk mempertebal keimanan dan ketaqwaan serta memererat tali silaturahmi dengan warga binaan Babinsa Desa Sambiroto mengikuti kegiatan tarawih keliling di Desa Sambiroto, Kecamatan Pracimantoro, Minggu(27/5).

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Serda Agus Suranto dan Serda Nardi, Ustad Aris, Takmir Masjid Sambiroto Panji, warga sekitar Dusun Sambiroto.

Sambutan yang disampaikan oleh Serda Agus Suranto marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT atas lindungan-Nya kita dapat hadir disini dalam keadaan sehat wal affiad tidak ada halangan suatu apapun. Kepada seluruh masyarakat agar selalu menjaga solidaritas antar agama jangan sampai terjadi perpecahan. Dengan acara tarling akan lebih meningkatkan tali silaturahmi antara umat di Kecamatan Pracimatoro.

Dalam tausiahnya Ustad Aris menyampaikan manfaat silaturahmi dalam Islam, silaturahmi artinya tali persahabatan atau tali persaudaraan, sedangkan bersilaturahmi yaitu mengikat tali persahabatan. Jadi, untuk mengikat tali persahabatan itu kapan saja waktunya dan tidak boleh diputuskan, harus dilanjutkan oleh anak dan keturunannya.

Kita pun sebagai umat Islam telah diperintahkan oleh Allah SWT untuk menjaga hubungan silaturahmi (Q.S. An-Nisaa: 1). Sebagai umat Islam, perintah Allah Shubhanallaahu wa Ta’la itu harus dipatuhi. Orang yang mematuhi perintah Allah Shubhanallaahu wa Ta’la itu adalah orang yang bertakwa. Takwa artinya terpeliharanya sifat diri untuk tetap taat dan patuh melaksanakan perintah Allah Shubhanallaahu wa Ta’la serta menjauhi segala apa yang dilarang-Nya.

Kini dapat kita mengerti, betapa pentingnya silaturahmi dalam Islam. Maka melihat pentingnya silaturahmi tersebut, 10 manfaat Silaturahmi menurut Abu Laits Samarqandi, yaitu mendapatkan ridho dari Allah Shubhanallaahu wa Ta’la, membuat orang yang kita dikunjungi berbahagia. Hal ini amat sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, yaitu “Amal yang paling utama adalah membuat seseorang berbahagia”.

Menyenangkan malaikat, karena malaikat juga sangat senang bersilaturahmi, disenangi oleh manusia, membuat iblis dan setan marah. Memanjangkan usia, menambah banyak dan berkah rejekinya, membuat senang orang yang telah wafat.

Sebenarnya mereka itu tahu keadaan kita yang masih hidup, namun mereka tidak dapat berbuat apa-apa. Mereka merasa bahagia jika keluarga yang ditinggalkannya tetap menjalin hubungan baik.

Memupuk rasa cinta kasih terhadap sesama, meningkatkan rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan, mempererat serta memperkuat tali persaudaraan juga persahabatan dan menambah pahala setelah kematiannya, karena kebaikannya (dalam hal ini, suka bersilaturahmi), akan selalu dikenang sehingga membuat orang lain selalu mendoakannya.(red)

LEAVE A REPLY

seven + 16 =