Beranda News Lokal Forkopincam Jatisrono Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Forkopincam Jatisrono Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

0
BERBAGI

Jatisrono,(HW)-Bertempat di halaman Pendopo Kecamatan Jatisrono di laksanakan kegiatan Upacara Memperingati Hari lahirnya Pancasila 1 juni 2018, Jum’at (1/6).

Hadir dalam kegiatan upacara Camat Jatisrono Drs. Indriyo Raharjo MM., Danramil 14/Jatisrono Kpt Inf Subandi yang diwakilkan Pelda Suyata, Kapolsek Jatisrono AKP Sali SH, seluruh Kades se-Kecamatan Jatisrono, Guru dan PNS, siswa-siswi SMK Pancasila 6 Jatisrono, siswa-siswi SMK 2 Pancasila, siswa-siswi SMA N I Jatisrono.

Pada upacara kali ini, Camat Jatisrono Drs Indriyo Raharjo MM bertindak sebagai Irup dan bertindak sebagai pemimpin upacara anggota Koramil 14/Jatisrono Serda Lasto.

Dalam amanatnya Irup membacakan amanat Presiden RI Sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita melalui pandangan, pergulatan pemikiran dan kejernihan para founding father Indonesia Pancasila pertama kali di uraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945 kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 8 Agustus 1945.

Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Rangkaian proses besar tersebut harus selalu kita ingat, kita dalam semangatnya dan kita pahami rohnya. Adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita.

Semangat berbagai anak bangsa untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama jika merupakan sebuah keharusan. Kita harus berbagi dengan memperkuat etos kepedulian, Welas Asih dan saling menghargai dengan penuh empaty.

Bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini harus kita manfaatkan sebagai momentum untuk memberantas peduli dan berbagi semangat gotong royong yang merupakan budaya luhur bangsa harus terus kita pupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Peringatan hari lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini harus kita manfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Marilah kita terus amalkan warisan mulia Para founding fathers ini untuk kemajuan bangsa dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia.

Negara manapun didunia ini akan selalu berproses menjadi masyarakat yang berbhineka dan majemuk. Seringkali kemajemukan ini juga dibayang-bayangi oleh resiko intoleransi ketidak persatuan dan ketidak gotong royongan.

Saatnya kita berbagi pengalaman dalam berbhineka Tunggal Ika dalam bertoleransi serta dalam membangun persatuan dan kebersamaan saatnya kita berbagi pengalaman dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Pada kesempatan yang mulia ini saya ingin mengajak para ulama dan tokoh agama para guru dan Ustad para politisi dan jajaran aparat pemerintahan para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita.

Semangat bersatu berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan Jaya dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya. (red)

LEAVE A REPLY

six + fourteen =