Beranda News Lokal Tarawih Keliling di SMK 1 Pancasila

Tarawih Keliling di SMK 1 Pancasila

0
BERBAGI

Kota,(HW)- Kamis (7/6) bertempat di halaman SMK-1 Pancasila Wonogiri telah dilaksanakan shalat tarawih keliling antar Dinas/Instansi/Sekolah dan Perusahaan Kabupaten Wonogiri 1439 H/2018 M.

Hadir dalam kegiatan Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf M. Heri Amrulloh beserta anggota, Kepala Sekolah Drs. Joko Prihanto, Ust Mawardi Al- Hafidz, Drs. Harum Mirzah, Guru dan murid SMK-1 Pancasila.

Bertindak sebagai imam dalam shalat isya’ dan taraweh Ust Mawardi Al-Hafidz. Setelah melaksanakan shalat Isya’ dilanjutkan dengan shalat Tarawih dan Witir.

Kepala Sekolah Drs. Joko Prihanto dalam sambutannya menyampaikan, rasa terima kasih kepada Bapak Dandim beserta anggota yang bersedia hadir dalam rangka melaksanakan shalat tarawih keliling.

“Kami selaku penyelenggara dan panitia mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak ibu semua dan mohon maaf apabila dalam penyelenggaraan kegiatan tarling pada malam hari ini banyak kekurangannya,” ujarnya.

Drs. Harum Mirzah dalam tausyahnya menyampaikan, Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT sehingga pada malam hari ini kita bisa menyelesaikan puasa sebanyak 22 hari, semoga dari malam pertama dibulan Ramadhan ini seluruh ibadah kita mudah-mudahan kita dasari dengan ikhlas mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Pada malam hari dengan mengambil tema “Menjaga Keseimbangan Hidup Dunia dan Akhirat”.

Pesan ayat Allah yang saya baca adalah, carilah bekal untuk kepentinganmu besok diakhirat, tetapi jangan lupa nasib urusan hidupmu didunia, pentingnya antara kehidupan dunia dan besok diakhirat.

Mari kita coba mempelajari bagaimana biografi yang dicantumkan didalam surat Al Kahfi yang disitu disebutkan satu sosok, satu figur yang bernama Iskandar Zulkarnaen. Ayat 84 tentang Zulkarnaen diceritakan detail sampai sekitar ayat 103, siapa sebenarnya Iskandar Zulkarnaen? Beliau dilahirkan dari kalangan miskin ditengah-tengah lingkungan atheis, walaupun begitu bapak ibunya sangat menjaga shalatnya.

Saat Iskandar Zulkarnaen baru berumur 1 tahun beliau sudah diberikan kelebihan oleh Allah SWT yaitu berpuasa.

Daud, setelah menginjak remaja beliau sangat-sangat berbudi luhur, berbakti kepada orang tua dan menjaga shalatnya seperti kedua orang tua beliau, karena ketaatan dan keimanan, beliau menjadi raja yang luar biasa yang kekuasaan wliyahnya dari timur sampai kebarat.

Ini artinya menjaga antara dunia dan akhirat sangat-sangat terjaga. karena kesholehan beliau apa yang diucapkan luar biasa, diceritakan bahwa Iskandar Zulkarnaen mengajak 200 prajuritnya untuk berdakwah dan menyampaikan malam ini kita menuju kampung yang akan kita dakwahi, tapi yang perlu diperhatikan apabila kita menemukan sungai, pesan saya apa yang kalian injak disungai ambillah.

Akan tetapi dari 200 orang yang mendengarkan hanya sekitar 5 orang, sampailah mereka disungai dan menginjak pasir dan batu kerikil, dari 200 orang hanya 5 orang saja yang menjalankan pesan dengan mengambil sebanyak-banyaknya pasir dan batu dan yang lain tidak mengambil sama sekali.

Setelah sampai dikampung tujyan Iskandar Zulkarnaen bertanya tentang pesan beliau, supaya mengambil apa yang bisa diambil disungai yang dilewati sekarang mari kita lihat, dengan berdoa kepada Allah tunjukkan kebesaran-Mu ya Allah dan dibukalah apa yang diambil dan ternyata batu pasir itu berubah menjadi emas, intan, berlian.

Dan terperangahlah prajurit yang tidak mau melakssnakan pesan beliau dan meminta agar bisa diulangi lagi untuk bisa melewati sungai tersebut.

Dari cerita ini bisa kita petik hikmah yaitu pada malam hari ini kita sedang melalui sungai Ramadhan, maka ambil apa yang ada didalam Ramadhan ini, siang dan malam yaitu dengan dzikir, iktikaf, shodaqoh semua kita lakukan dengan ikhlas dan berdoa dengan tulus kepada Allah maka Insya Allah dengan sisa 7 hari ini kita bisa seperti 5 orang dari 200 orang dalam cerita tadi, kita bisa mengambil emas, berlian dan memetik hasilnya diakherat kelak. (red)

LEAVE A REPLY

one × five =