Beranda News Nasional Inilah Pemenang Lomba Foto dan Artikel Kemdikbud 2018

Inilah Pemenang Lomba Foto dan Artikel Kemdikbud 2018

0
BERBAGI

Jakarta,(HW) – Dalam rangka Hari Pendidikan Nasional 2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali mengadakan lomba foto pendidikan dan kebudayaan. Saat ditutup pada tanggal 2 Mei 2018 pukul 16.00 WIB, lomba yang bertema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” ini telah menerima 7.036 karya foto.

Dalam durasi tidak sampai dua bulan sejak dibuka pada 20 Maret 2018, kategori pelajar diikuti oleh 1.655 foto, kategori guru 1.839 foto, kategori wartawan 430 foto, dan yang terbanyak kategori umum 3.112 foto.

Ari Santoso, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud selaku penyelenggara lomba, menyampaikan bahwa animo yang begitu besar dari masyarakat ini meningkat dari tahun sebelumnya yang berkisar 5 ribuan foto. Peserta dan juga lokasi pengambilan foto tersebar dari Timur hingga Barat Indonesia.

“Pengambilan foto tidak harus menggunakan kamera DSLR, namun kamera ponsel juga bisa. Ini untuk membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat,” ujar Ari Santoso di Jakarta pada 7 Juni 2018.

Para pemenang lomba telah diumumkan pada Kamis (7/6/2018) kemarin melalui laman dan media sosial Kemendikbud. Pemenang tersebar dari paling barat Kab. Bangka, provinsi Bangka Belitung, hingga paling timur Kab. Biak Numfor, provinsi Papua.

Selain lomba foto, lomba artikel dan jurnalistik bidang pendidikan dan kebudayaan 2018 juga telah diumumkan. Sejak dibuka pada tanggal 20 Maret 2018 hingga 21 April 2018, terhitung 846 artikel opini dan features telah dikirimkan oleh peserta melalui laman lombafotoartikel.kemdikbud.go.id. Untuk kategori opini guru berjumlah 419 artikel, kategori opini umum 292 artikel, dan kategori wartawan sebanyak 135 features.

Berikut pada juara dari beberapa kategori:

Kategori Artikel/Opini Guru:

1. Pemenang 1 oleh Junaidi asal Kota Padang Sumatera Barat

2. Pemenang 2 oleh Supadilah asal Kabupaten Lebak, Banten

3. Pemenang 3 oleh Robertus Arifin Nugroho asal Kulon Progo, DIY

Kategori Artikel/Opini Umum:

1. Pemenang 1 oleh Hamidulloh Ibda asal Kota Semarang, Jawa Tengah

2. Pemenang 2 oleh Romi Febriyanto Saputro asal Sragen, Jawa Tengah

3. Pemenang 3 oleh Muhammad Istbatun Najih asal Kudus, Jawa Tengah

Kategori Karya Jurnalistik (Features):

1. Pemenang 1 oleh Sri Juliati

2. Pemenang 2 oleh Melda Riani

3. Pemenang 3 oleh Muhammad Oliez

Ari menyampaikan bahwa para pemenang akan dihubungi oleh panitia melalui telepon maupun surel. “Hati-hati penipuan, pemenang tidak dipungut biaya apapun,” tutup Ari mengingatkan. (Anang Kusuma).

LEAVE A REPLY

five × 5 =