Beranda News Lokal Dalam Kesederhanaan, Pentas Ketoprak Mampu Hibur Warga Desa

Dalam Kesederhanaan, Pentas Ketoprak Mampu Hibur Warga Desa

0
BERBAGI

Paranggupito,(HW)- Semangat melestarikan budaya warisan luhur nenek moyang coba dilakukan oleh para pemuda yang tergabung dalam wadah Karang Taruna Dharma Bakti Dusun Tambak dan Karang Taruna Impas Dusun Pakel Salam, Desa Johonut, Kecamatan Paranggupito. Di tengah gempuran budaya modern, mereka mempertunjukkan seni budaya Ketoprak di Balai Dusun Tambak belum lama ini.

Koordinator acara tersebut, Rehan Galih Permadi (26), Selasa (18/6) mengatakan kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka melestarikan kebudayaan lokal yang hampir punah karena gerusan zaman. Para pemain merupakan warga dari dua dusun tersebut.

“Selain melestarikan budaya lokal kegiatan tersebut juga untuk menjaga kekompakan dan silaturahmi pemuda antar dusun,” ujarnya.

Dia menyampaikan meskipun sederhana acara tersebut cukup menghibur. Mengambil lakon Aryo Penangsang Gugur, mereka berlatih kurang dari sebulan. Make up dan kostum merekapun juga terbilang sederhana.

“Antusias penonton luar biasa terhadap acara seperti ini terlihat pecah ketika acara berlangsung,” katanya.

Dia menjelaskan dalam pertunjukan ketoprak kemarin juga diselingi dengan atraksi pencak silat dan tari tradisional.

“Waktu pementasan sekitar empat jam dan ini pertunjukan pertama bagi para pemain,” terangnya.

Salah satu penonton, Danies Alfiany (28) warga Lingkungan Sanggrahan, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri mengatakan pertunjukan tersebut sangat menarik dan menghibur.

“Dikala pertunjukan kethoprak sudah jarang kita temui, mereka tetap menjaga tradisi walau dalam keterbatasan dan kesederhanaan,” ujarnya.

Pengusaha wanita ini berharap semoga berharap kegiatan tersebut menjadi inspirasi bagi para pemuda di daerah lainnya untuk berkreatifitas tanpa batas dalam melestarikan kesenian tradisional.(red)

 

LEAVE A REPLY

19 − 4 =